Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

bromo
    Penanjakan 1 Bromo

Follow Kami wik-wik di Google News

Kalau kamu ingin benar-benar merasakan pesona Gunung Bromo, Penanjakan 1 adalah tempat yang harus masuk dalam itinerary kamu. Tempat ini terkenal sebagai spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dengan latar belakang panorama Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru yang megah. Saya ingat jelas momen pertama kali menyaksikan sunrise di Penanjakan 1—itu seperti ada sihir di udara, dan rasanya seperti alam semesta sedang berkolaborasi untuk memberikan pertunjukan spektakuler yang nggak akan pernah saya lupakan.

Jadi, saya mau berbagi sedikit pengalaman dan beberapa tips praktis yang bisa membantu kamu memaksimalkan kunjungan ke Penanjakan 1. Karena walaupun kelihatannya simpel, ada beberapa hal yang kalau nggak disiapin dengan baik, bisa bikin pengalaman kamu jadi kurang maksimal.

Bangun Lebih Awal untuk Sunrise

Ini mungkin terdengar sepele, tapi percayalah, bangun lebih awal adalah salah satu kunci sukses menikmati sunrise di Penanjakan 1. Ketika saya pertama kali ke sana, saya agak meremehkan betapa ramainya tempat ini, terutama saat musim liburan atau akhir pekan. Saya berpikir, "Ah, kalau sampai jam 4 pagi juga masih oke kok!" Ternyata, ketika saya sampai di Penanjakan 1, spot terbaik sudah dipenuhi oleh lautan manusia dengan kamera dan tripod. Ya, saya masih bisa lihat matahari terbit, tapi dari sudut yang nggak begitu ideal.

Jadi, pelajaran penting di sini: bangun sebelum jam 3 pagi dan segera berangkat. Jika kamu ingin posisi yang strategis untuk memotret atau sekadar menikmati pemandangan dengan tenang, semakin awal kamu tiba, semakin baik. Usahakan untuk berangkat sekitar jam 2 atau 2:30 pagi, terutama jika kamu menginap di sekitar Cemoro Lawang atau daerah lain yang cukup dekat.

Bromo
    Penanjakan Bromo

Persiapkan Diri untuk Cuaca Dingin

Bromo memang terkenal dengan cuacanya yang dingin, terutama di pagi hari, dan Penanjakan 1 nggak terkecuali. Saya masih ingat betul, ketika pertama kali sampai di sana, saya hanya memakai jaket tipis dan celana jeans biasa. Salah besar! Udara di sana bisa sangat dingin, bahkan bisa mencapai suhu di bawah 10 derajat Celsius sebelum matahari terbit. Akhirnya, saya menghabiskan sebagian besar waktu merapatkan diri ke jaket tipis itu sambil menggigil.

Jadi, jangan ulangi kesalahan saya. Bawalah pakaian yang benar-benar cocok untuk udara dingin: jaket tebal, syal, sarung tangan, dan topi kupluk. Bahkan, beberapa orang juga membawa termos kecil berisi teh atau kopi hangat untuk membantu menghangatkan tubuh sambil menunggu matahari muncul. Ini sangat membantu, terutama jika kamu nggak terbiasa dengan cuaca dingin.

Naik Jeep atau Motor: Pilih yang Tepat

Untuk sampai ke Penanjakan 1, kamu harus menggunakan transportasi khusus. Rute ke sana cukup terjal dan berpasir, sehingga mobil biasa nggak bisa melewati jalan ini. Ada dua pilihan transportasi: sewa jeep atau naik ojek motor.

Naik jeep adalah pilihan yang paling populer. Biasanya, kamu bisa menyewa jeep dari penginapan atau agen perjalanan setempat. Biaya sewa jeep bisa agak mahal jika kamu bepergian sendiri atau dalam kelompok kecil, jadi lebih baik jika kamu bisa berbagi jeep dengan beberapa orang lain untuk menghemat biaya. Plus, pengalaman naik jeep ini juga lumayan seru, terutama ketika melewati lautan pasir di malam hari.

Tapi, kalau kamu suka tantangan dan ingin pengalaman yang lebih menegangkan, naik ojek motor bisa jadi opsi. Saya pernah coba naik motor ke Penanjakan 1, dan itu pengalaman yang mendebarkan. Pengendara ojek lokal biasanya sangat mahir melewati jalanan terjal dan licin, jadi jangan khawatir terlalu banyak soal keamanan. Tapi ya, kamu harus siap untuk medan yang lebih berat dan udara yang semakin dingin saat berada di atas motor.

Siapkan Kamera dan Tripod, tapi Jangan Lupa Nikmati Momen

Tidak bisa dipungkiri, Penanjakan 1 adalah surga bagi para fotografer. Pemandangan dari sini begitu indah dan dramatis, dengan kabut tipis yang menyelimuti lautan pasir, dan cahaya matahari pagi yang perlahan-lahan menyinari puncak-puncak gunung di sekitarnya. Jika kamu suka fotografi, pastikan kamu membawa kamera yang bagus dan tripod untuk menangkap momen-momen magis ini.

Namun, saya harus bilang, terkadang kita terlalu sibuk mengatur kamera dan mencari angle terbaik sampai lupa untuk benar-benar menikmati pemandangan itu sendiri. Di perjalanan saya yang pertama, saya terlalu fokus mengabadikan sunrise dan agak menyesal karena tidak benar-benar menyaksikan perubahannya secara langsung. Kali berikutnya saya berkunjung, saya memutuskan untuk membiarkan kamera bekerja sendiri sambil saya benar-benar menikmati keindahan alam di depan mata.

Hindari Musim Liburan

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Penanjakan 1 bisa sangat ramai, terutama saat musim liburan seperti Lebaran, Natal, atau tahun baru. Kalau kamu punya jadwal fleksibel, saya sangat menyarankan untuk datang di luar musim liburan atau hari-hari biasa. Di luar waktu-waktu itu, kamu bisa lebih menikmati suasana yang tenang, dan spot untuk menyaksikan sunrise pun lebih mudah ditemukan.

Saya pernah datang saat musim liburan, dan rasanya seperti berdiri di tengah pasar. Sulit sekali untuk benar-benar menikmati momen karena jumlah pengunjung yang begitu banyak. Bahkan untuk sekadar mencari tempat duduk atau berdiri dengan nyaman saja sulit. Jadi, kalau bisa, atur waktu kunjungan kamu di hari-hari biasa.

Jangan Terburu-buru Pulang

Satu kesalahan lain yang saya pelajari dari kunjungan pertama saya adalah terlalu terburu-buru meninggalkan Penanjakan 1 setelah matahari terbit. Padahal, setelah matahari naik lebih tinggi, kabut yang menyelimuti lautan pasir biasanya mulai terangkat, dan pemandangan dari atas menjadi lebih jelas. Kamu bisa melihat lebih jelas detail Gunung Batok, Gunung Semeru di kejauhan, dan kawah Bromo yang mengeluarkan asap putih tipis.

Jadi, nikmati waktu kamu di sana. Setelah sunrise, ambil waktu sejenak untuk bersantai, minum kopi hangat, dan biarkan pemandangan luar biasa itu benar-benar terserap dalam ingatan kamu.

Kesimpulan

Menikmati sunrise di Penanjakan 1 adalah pengalaman yang sulit dilupakan. Dengan persiapan yang matang, kamu bisa membuat perjalanan ini menjadi salah satu momen paling memuaskan dalam hidupmu. Jangan lupa untuk membawa pakaian hangat, tiba lebih awal, dan yang paling penting, nikmati setiap detik pemandangan indah yang tersaji di depan mata. Penanjakan 1 benar-benar menawarkan momen magis yang sayang banget untuk dilewatkan.Menjadikannya Tempat Wisata Gunung Bromo Yang Wajib Dikunjungi